Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

15 Soal Materi Benua dan Samudera + Kunci Jawaban

Soal (Uraian)  Benua dan Samudera


1. Apa iklim di benua Afrika?

Jawaban:
Wilayah Afrika yang termasuk iklim subtropis adalah wilayah yang menjauhi dari garis khatulistiwa.


2. Kenapa diberi nama Samudera Hindia?

Jawaban:
Samudera Hindia adalah samudera terbesar ketiga di dunia. Nama Hindia diambil dari nama negara yaitu India.


3. Apa batas batas Benua Amerika?

Jawaban:
Secara geografis letak Benua Amerika sebelah Barat berbatasan dengan Samudra Pasifik dan Laut Bering, sebelah timur berbatasan dengan Samudra Atlantik dan Laut Karibia, sebelah utara berbatasan dengan Laut Es dan Selat Davis, dan sebelah selatan berbatasan dengan Laut Kutub Selatan.


4. Apa nama samudra yang selalu membeku?

Jawaban:
Samudera Arktik juga disebut sebagai samudera beku di masa lalu, karena seluruh permukaannya ditutupi es sepanjang tahun.


5. Apa saja ciri khas benua?

Jawaban:
Ciri khas benua adalah sebagai berikut : 1. merupakan daratan yang sangat luas. 2. adanya kesamaan budaya dan ras di masyarakat dalam benua tersebut. 3. adanya kesamaan kenampakan alam,flora dan fauna di dalam benua tersebut.


6. Samudra Atlantik memisahkan benua apa?

Jawaban:
Samudra Atlantik membentang dari utara hingga selatan bumi. Letaknya di antara Benua Amerika, Benua Eropa, dan Benua Afrika.


7. Apa julukan benua Antartika?

Jawaban:
Benua Abu-abu adalah julukan untuk Benua Antartika. Wilayah yang sebagian besar ditutupi oleh salju sepanjang tahun dan tidak ada vegetasi(tumbuhan) yang tumbuh di benua ini menyebabkan sebutan untuk benua ini adalah Benua Abu-abu


8. Apa perbedaan samudra dan pulau?

Jawaban:
Laut memisahkan dua daratan atau lebih berupa pulau, sementara samudra memisahkan dua daratan atau lebih berupa benua. Contohnya, Laut Jawa memisahkan Jawa, Sumatera, dan Kalimantan. Sementara Samudra Pasifik Memisahkan Benua Asia, Australia, dan Amerika.


9. Benua itu apa sih?

Jawaban:
Benua adalah bagian bumi berupa tanah atau daratan yang sangat luasyang dibatasi laut dan lautan, sehingga bagian tengah benua itu tidak mendapat pengaruh langsung dari angin laut. Daratan yang ada di dunia luasnya kurang lebih 30% dari seluruh muka bumi.


10. Apa persamaan laut dan samudra?

Jawaban:
Laut dan samudra adalah perairan yang sangat luas. Kedua perairan ini juga memiliki warna biru dan kandungan garam yang sama. Sekilas memang sama, berupa perairan luas seakan tak terhingga.


11. Apa perbedaan Samudra Pasifik dan Samudra Atlantik?

Jawaban:
Samudra Pasifik punya warna yang lebih kebiruan, sementara Samudra Atlantik berwarna yang kehijauan.


12. Apa itu benua merah?

Jawaban:
Benua Amerika sering disebut sebagai Benua Merah, hal ini disebabkan oleh suku Indian yang dikenal memiliki kulit berwarna merah


13. Samudra apa yang tidak dilewati oleh garis khatulistiwa?

Jawaban:
Samudera Arktik. Memiliki luas sekitar 14.056 km². Satu-satunya samudera yang tidak dilalui garis khatulistiwa dan berbatasan langsung dengan kutub utara. Oleh karena itu samudera Arktik tidak memiliki batas, karena mengelilingi seluruh kutub utara. Seluruh wilayahnya berada di garis lintang utara.


14. Kenapa benua Australia dijuluki benua hijau?

Jawaban:
Benua Australia disebut juga benua hijau karena kondisi hutannya. Meski sebagian besar wilayahnya beriklim hangat dan kering, di Australia tumbuh beragam tumbuhan yang senantiasa hijau. Jenis flora yang mendominasi adalah rumpun akasia dan eukaliptus (kayu putih).


15. Mengapa Samudra Hindia dijuluki sebagai samudra terhangat di dunia?

Jawaban:
Lautan ini dijuluki samudra terhangat di bumi. Hal ini dikarenakan cekungan Samudra Hindia berada di daerah tropis serta letaknya yang juga berada di garis khatulistiwa. Karenanya air lautnya menjadi hangat.