Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Soal Materi Benua Australia + Kunci Jawaban

Soal (Uraian) Benua Australia


1. Kenapa orang Australia mirip Eropa?

Jawaban:
Karena suku aborigin di Australia dibantai oleh orang Eropa. Dan mengapa Australia memiliki wajah Eropa , karena banyak tahanan Eropa yang dibuang ke Australia sehingga jumlah orang Eropa lebih banyak dari suku aborigin.


2. Apakah ras yang dominan di benua Australia?

Jawaban:
Sekitar 92 persen penduduk Australia merupakan ras Kaukasoid. 7 persen dari Asia, dan sisanya merupakan warga Aborigin. Bangsa kulit putih umumnya datang dari Eropa, seperti Inggris dan Irlandia.


3. Kenapa di Australia ada musim dingin?

Jawaban:
Australia terletak di belahan bumi selatan. Bulan terdingin di benua Australia ada di bulan Juni dan Juli sebab saat waktu tersebut, matahari terletak jauh di belahan bumi utara sehingga benua Australia mengalami musim dingin.


4. Apa yang dihasilkan Australia?

Jawaban:
Komoditas dari Australia berupa batubara, LNG, bijih besi, tembaga, intan, seng dan mineral lainnya menjadi bahan baku pembangunan negara-negara lain di dunia.


5. Apa keunggulan dari benua Australia?

Jawaban:
3 keunggulan benua australia
1. rumah bagi jutaan domba.
2. memiliki pagar dingo terpanjang di dunia.
3. peternakan terbesar di dunia.


6. Apa kekurangan benua Australia?

Jawaban:
Sebagian besar Benua Australia kering. Sebenarnya Australia adalah benua yang paling gersang di dunia yang didiami manusia, dan kekeringan merupakan ciri iklim yang selalu timbul di banyak tempat di Australia. Akibatnya, terdapat kekurangan air di banyak tempat


7. Kenapa benua Australia kering?

Jawaban:
Australia memiliki banyak gurun, keberadaan gurun di Australia terjadi karena letak astronomisnya yang berada di 11° hingga 44° lintang selatan. Di mana pada garis lintang 15° hingga 30° sebelah utara dan selatan khatulistiwa merupakan sabuk tekanan tinggi subtropis.