Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

12 Soal Materi Benua Amerika + Kunci Jawaban

Soal (Uraian) Benua Amerika

1. Apa peran Kanal Panama dalam perdagangan dunia?

Jawaban: 
Kanal Panama adalah jalur air buatan yang menghubungkan Samudra Atlantik dan Samudra Pasifik di Amerika Tengah. Kanal ini memainkan peran penting dalam perdagangan dunia dengan mempersingkat jarak pelayaran antara dua samudra tersebut, menghindari perluasan melalui Tanjung Horn di ujung selatan Amerika Selatan.


2. Jelaskan fenomena El Nino dan dampaknya terhadap Amerika.

Jawaban: 
El Nino adalah fenomena alam yang terjadi ketika suhu permukaan air di Samudra Pasifik bagian tengah dan timur menjadi lebih tinggi dari biasanya. Ini dapat menyebabkan perubahan pola cuaca ekstrem di Amerika, seperti kekeringan di Amerika Selatan dan banjir di Amerika Tengah.


3. Apa yang dimaksud dengan "Great Plains" di Amerika Utara?

Jawaban: 
"Great Plains" adalah daerah datar yang luas di Amerika Utara, yang membentang dari Kanada bagian selatan hingga Meksiko. Wilayah ini dikenal sebagai "padang rumput besar" karena merupakan habitat utama rumput dan memiliki tanah yang subur untuk pertanian.


4. Bagaimana pengaruh suku Maya terhadap peradaban Amerika Tengah?

Jawaban: 
Suku Maya berperan penting dalam peradaban Amerika Tengah. Mereka dikenal karena pencapaian mereka dalam arsitektur, matematika, dan sistem tulisan hieroglif. Mereka membangun piramida-piramida megah dan memiliki kalender yang sangat akurat.


5. Apa yang dimaksud dengan "The Trail of Tears"?

Jawaban: 
"The Trail of Tears" mengacu pada peristiwa pengusiran paksa suku-suku asli Amerika, terutama Cherokee, dari wilayah mereka di Amerika Serikat Tenggara ke wilayah barat Mississippi pada tahun 1830-an. Banyak suku mengalami penderitaan dan kematian selama perjalanan tersebut.


6. Bagaimana dampak Revolusi Industri terhadap Amerika Utara?

Jawaban: 
Revolusi Industri berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi Amerika Utara dengan mendorong industrialisasi, urbanisasi, dan peningkatan produksi manufaktur. Ini membuka peluang pekerjaan dan mengubah struktur sosial masyarakat.


7. Jelaskan arti penting hutan hujan Amazon bagi lingkungan global.

Jawaban: 
Hutan hujan Amazon adalah paru-paru dunia karena menghasilkan sejumlah besar oksigen dan menyerap karbon dioksida. Ini berpengaruh pada iklim global dan keanekaragaman hayati, dengan ribuan spesies tumbuhan dan hewan yang tinggal di sana.


8. Apa yang membedakan antara pemanasan global dan perubahan iklim?

Jawaban: 
Pemanasan global mengacu pada peningkatan suhu rata-rata global akibat peningkatan emisi gas rumah kaca. Perubahan iklim mencakup perubahan pola cuaca, suhu ekstrem, dan tingkat laut yang dipengaruhi oleh pemanasan global.


9. Jelaskan perbedaan antara budaya pribumi dan budaya kolonial di Amerika.

Jawaban: 
Budaya pribumi mengacu pada budaya yang berasal dari suku-suku asli Amerika sebelum kedatangan penjajah Eropa. Budaya kolonial mencakup pengaruh budaya Eropa yang datang bersama dengan penjajah, seperti bahasa, agama, dan praktik sosial.


10. Apa dampak Perang Dingin terhadap Amerika Latin?

Jawaban: 
Perang Dingin berdampak pada Amerika Latin dengan mendukung konflik politik dan militer di berbagai negara, sering kali berdasarkan ideologi kapitalisme vs. komunisme. Ini mengakibatkan campur tangan Amerika Serikat dalam urusan internal negara-negara di Amerika Latin.


11. Jelaskan pentingnya Danau Titicaca dan di negara mana ia terletak.

Jawaban: 
Danau Titicaca adalah danau air tawar terbesar di Amerika Selatan dan terletak di perbatasan antara Bolivia dan Peru. Ini memiliki arti budaya dan sejarah penting bagi suku-suku pribumi di daerah itu.


12. Apa yang dimaksud dengan "Monroe Doctrine"?

Jawaban: 
"Monroe Doctrine" adalah kebijakan luar negeri yang diumumkan oleh Presiden James Monroe pada tahun 1823. Kebijakan ini menyatakan bahwa Amerika Serikat tidak akan mengintervensi dalam urusan internal negara-negara Eropa dan, sebaliknya, Eropa tidak boleh campur tangan di Amerika.