Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

12 Soal Materi Teori Dasar Listrik + Kunci Jawaban

Soal (Uraian) Teori Dasar Listrik

1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan induksi elektromagnetik?

Jawaban:
Induksi elektromagnetik adalah gejala timbulnya arus listrik pada penghantar listrik akibat dari adanya perubahan medan magnet di sekeliling penghantar.


2. Transformator digunakan untuk apa saja?

Jawaban:
Transformator adalah salah satu komponen yang penting dalam sistem tenaga listrik, karena digunakan pada saluran transmisi maupun distribusi yang tujuannya untuk menaikkan dan menurunkan tegangan dalam saluran tenaga listrik sesuai beban yang ada.


3. Apa fungsi dari transformator dan sebutkan dua jenis transformator?

Jawaban:
Ada dua jenis transformator yaitu transformator step updan transformator step down. Transformator step up berfungsi untuk mengubah tegangan sumber (tegangan primer) menjadi lebih besar. Sedangkan transformator step down berfungsi untuk mengubah tegangan sumber menjadi lebih rendah.


4. Dimana kita bisa menemukan transformator?

Jawaban:
Transformator ini biasa ditemui pada pembangkit tenaga listrik sebagai penaik tegangan yang dihasilkan generator menjadi tegangan tinggi yang digunakan dalam transmisi jarak jauh.


5. Kenapa alat alat listrik memerlukan transformator?

Jawaban:
Transformator adalah alat yang biasanya digunakan untuk menambah atau menurunkan level tegangan antar rangkaian. Transformator adalah perangkat tambahan pada peralatan listrik terutama yang membutuhkan perubahan atau penyesuaian besaran tegangan bolak-balik


6. Apa saja komponen komponen elektronika?

Jawaban:
Ada 3 (tiga) jenis komponen elektronik yang dikenal dikalangan saintis dan teknisi yaitu komponen pasif, komponen aktif dan komponen penunjang.


7. Jelaskan apa yang dimaksud dengan komponen elektronik?

Jawaban:
Komponen elektronika berupa sebuah alat benda yang menjadi bagian pendukung suatu rangkaian elektronik yang dapat bekerja sesuai dengan kegunaannya.


8. Apa fungsi dari resistor?

Jawaban:
Fungsi utama dari resistor adalah membatasi aliran arus. Resistor dapat menahan arus dan memperkecil besar arus. Besar resistansi (kemampuan menahan arus) resistor disesuaikan dengan kebutuhan perangkat elektronika


9. Apa fungsi dari kapasitor?

Jawaban:
Fungsi Kapasitor:
Menyimpan muatan elektron atau listrik (kapasitansi) Sebagai filter atau penyaring dalam rangkaian power supply. Sebagai frekuensi pada rangkaian antena. Sebagai kopling antara rangkaian yang satu dengan rangkaian lain.


10. Apakah ciri-ciri rangkaian listrik?

Jawaban:
Rangkaian listrik terdiri dari rangkaian listrik seri, paralel, serta campuran seri dan paralel. Ciri-ciri rangkaian listrik seri diantaranya tidak memiliki percabangan, besar arus disetiap titik sama, dan jika salah satu komponen terputus, maka semua sistem akan terputus.


11. Apa fungsi dari komponen listrik?

Jawaban:
Komponen listrik luar alat elektronik yaitu sakelar, sekring dan tombol switch botton. Ketiga komponen ini fungsi utamanya yakni untuk menyalakan atau memutuskan arus pada perangkat listrik atau elektronik. Komponen ini juga difungsikan untuk melindungi tegangan listrik.


12. Apa manfaat kabel dalam rangkaian listrik?

Jawaban:
Dalam sebuah rangkaian listrik, kabel berfungsi sebagai penyambung komponen-komponen listrik.