Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

16 Soal Materi Sifat Benda + Kunci Jawaban

Soal (Uraian) Sifat Benda

1. Apakah wujud benda gas tetap?

Jawaban:
Materi gas terus bergerak kemana-mana, sehingga bentuknya tidak tetap. Artinya, mengikuti bentuk wadahnya. 


2. Bagaimana sifat gula yang larut dalam air?

Jawaban:
Gula memiliki kelarutan tinggi dalam air. Tidak hanya gula, tapi juga berlaku pada garam, sebagian besar asam, dan beberapa vitamin. Kita juga bisa meningkatkan suatu kelarutan suatu zat, lo. Seperti mengaduk minuman yang sudah diberi gula atau melarutkannya di dalam cairan yang hangat


3. Apa sifat dari aluminium?

Jawaban:
Aluminium mempunyai beberapa sifat-sifat karakter fisis antara lain memiliki berat jenis sekitar 2,65-2,8 kg/dm3, mempunyai daya hantar listrik dan panas yang baik, tahan terhadap korosi, dalam beberapa bahan, titik lebur 6580C.


4. Apa sifat dari karet?

Jawaban:
Beberapa sifat-sifat dari karet alam adalah sebagai berikut: Tahan terhadap suhu rendah. Dapat menempel pada logam. Memiliki ketahanan gesek dan robek yang tinggi.


5. Apa sifat dari minyak?

Jawaban:
Minyak adalah istilah umum sebagai semua air organik yang tidak larut/bercampur dalam air (hidrofobik) tetapi larut dalam pelarut organik. Hadir sifat tambahan lain yang dikenal awam: terasa licin apabila dipegang.


6. Apa contoh perubahan cair ke gas?

Jawaban:
Menguap adalah perubahan wujud benda cair yang menjadi gas. Hal ini dikarenakan terjadinya penguapan dengan cara dipanaskan. Contohnya seperti air yang dipanaskan lalu mendidih dan akan menguap atau bisa dikatakan perubahan dari benda cair ke benda gas


7. Apa contoh benda padat ke gas?

Jawaban:
Menyublim adalah peristiwa perubahan zat padat menjadi gas. Contoh peristiwa menyublim adalah kapur barus (kamper) yang disimpan di dalam lemari dan semakin lama akan semakin habis.


8. Apa saja benda yang membeku?

Jawaban:
Membeku adalah perubahan benda cair menjadi benda padat. Contoh benda yang dapat membeku adalah air. Air ketika dimasukkan ke dalam kulkas akan membeku menjadi es batu.


9. Apa contoh benda mengkristal?

Jawaban:
Mengkristal Mengkristal merupakan perubahan wujud benda kebalikan dari menyublim. Peristiwa mengkristal terjadi pada wujud gas yang berubah menjadi padat. Contoh perubahan wujud mengkristal yaitu terbentuknya butiran es salju dari uap air di awan.


10. Apa contoh benda mengembun?

Jawaban:
contoh mengembun adalah sebagai berikut :
Embun pada pagi hari. Gumpalan awan yang kemudian berubah menjadi hujan. Dinding luar gelas yang menjadi basah karena bagian dalam diisi es. Kaca di dalam mobil yang menjadi basah apabila kondisi di luar dingin atau hujan.


11. Benda cair apa saja yang memiliki sifat kental?

Jawaban:
susu kental manis,minyak goreng,madu,gel,obat batuk,dan cairan lain yg bersifat kental lainnya.


12. Sifat campuran apa saja?

Jawaban:
Berikut ini terdapat beberapa sifat-sifat campuran, yaitu: 1. Memiliki dua atau lebih jenis zat 2. Selalu memiliki sifat asli dari zat penyusunnya 3. Tidak dapat dijalankan kembali menggunakan proses yang biasa 4. Dapat dipecah lagi dengan proses fisik.


13. Mengapa pasir tidak larut dalam air?

Jawaban:
Pasir tidak bisa larut di dalam air karena ikatan pada air tidak cukup kuat untuk menarik ikatan molekul pada pasir. Meski air tidak bisa melarutkan pasir, beberapa cairan asam yang kuat bisa melarutkan pasir. 


14. Kenapa air panas lebih cepat larut?

Jawaban:
karena pada air panas tersebut pergerakan partikel air lebih cepat, inilah yang menyebabkan tumbukan antara zat pelarut dengan zat terlarut, sehingga hal inilah yang menjadi alasan mengapa air panas lebih mudah untuk melarutkan gula ataupun garam.


15. Apa perbedaan sifat fisik dan sifat kimia?

Jawaban:
Sifat fisika mengacu pada perubahan materi tanpa pembentukan zat baru sedangkan sifat kimia adalah perubahan yang dialami suatu benda menjadi zat baru.


16. Bagaimana sifat benda yang ada di dalam botol?

Jawaban:
Jawaban. kedap air, mudah terbakar, lentur dan elastis, mudah di bentuk.