Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

15 Soal Materi Pengangguran + Kunci Jawaban

Soal (Uraian) Pengangguran 

1. Apa yang akan terjadi jika masalah pengangguran tidak segera ditangani?

Jawaban:
Pengangguran yang dibiarkan akan mengganggu pertumbuhan dan pembangunan ekonomi. Akibat jangka panjangnya adalah menurunnya produk domestik bruto (PDB) dan pendapatan per kapita suatu negara. Secara umum, pengangguran memang disebabkan oleh ketidakseimbangan antara penawaran lapangan kerja dan pencari pekerjaan


2. Apa yang harus dilakukan saat jadi pengangguran?

Jawaban:
Jadi Pengangguran? Lakukan 6 Tips Ini agar Tidak Stres
1. Beri Waktu untuk Bersedih
2. Segera Bangkit dan Buat Rencana Karier
3. Lakukan Hobi
4. Pelajari Kemampuan Baru
5. Jangan Dengarkan Nyinyiran Orang Lain
6. Bisukan Status Teman yang Kariernya Lebih Beruntung


3. Mengapa pengangguran hanya dapat dikurangi dan tidak bisa diselesaikan dengan tuntas?

Jawaban: 
Karena semakin banyak jumlah penduduk maka kebutuhan hidup makin banyak, dan peluang pekerjaan semakin sedikit. maka pemerintah hanya bisa mengurangi tingkat pengangguran dengan cara membuka lapangan pekerjaan.


4. Apakah sebagian besar pengangguran bersifat jangka panjang atau jangka pendek?

Jawaban:
Sebagian besar orang yang menjadi pengangguran memperoleh pekerjaan dalam jangka pendek.


5. Apakah mahasiswa bisa disebut pengangguran?

Jawaban:
Tidak ,mahasiswa seorang yang sedang belajar untuk mendapatkan pekerjaan yang layak.


6. Menurutmu apakah kemajuan teknologi dapat menyebabkan pengangguran?

Jawaban:
Ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) sangat berpengaruh besar terhadap peningkatan dan penurunan pengangguran. Iptek dapat meningkatkan pengangguran apabila perkembangan iptek di dunia kerja, peran, usaha, dan kemampuan manusia dalam mengerjakan suatu pekerjaan sudah mulai tergantikan oleh mesin.


7. Apa bedanya pengangguran terbuka dengan pengangguran terselubung?

Jawaban:
Pengangguran terbuka disebabkan oleh lapangan kerja yang tidak tersedia, atau tidak adanya kecocokan antara lowongan kerja dan latar belakang pendidikan. Pengangguran Terselubung – Pengangguran yang terjadi karena tenaga kerja yang tidak bekerja secara optimal/produktivitasnya rendah.


8. Menurutmu apakah industri padat karya mampu mengurangi jumlah pengangguran Berikan alasanmu?

Jawaban:
Industri padat karya merupakan jenis industri yang banyak menggunakan tenaga manusia dalam aktivitas produksinya. Semakin banyak tenaga kerja yang terserap dalam industri, maka akan semakin mengurangi tingkat pengangguran.


9. Mengapa pengangguran tertinggi ada di tingkat mahasiswa?

Jawaban:
selain karena sumber daya manusia (mahasiswa) yang kurang berkualitas, kurangnya jumlah lapangan pekerjaan padat karya yang mampu menyerap tenaga kerja, sehingga mendorong tingginya tingkat pengangguran di Indonesia.


10. Berapa macam pengangguran digolongkan?

Jawaban:
Jenis pengangguran berdasarkan lama waktu kerja dibagi menjadi 3 yaitu pengangguran terbuka, setengah menganggur, dan pengangguran terselubung


11. Mengapa permintaan upah yang lebih tinggi dapat menyebabkan pengangguran?

Jawaban:
Karena jika tenaga kerja meminta upah yg relatif tinggi maka otomatis harus ada tenaga kerja yg sukarela diberhentikan oleh perusahaan karena jika tidak itu akan membuat rugi perusahaan tersebut dan kalau tenaga kerja diberhentikan maka itu akan timbul pengangguran.


12. Mengapa pada saat terjadi kenaikan harga harga selalu diiringi oleh masalah pengangguran?

Jawaban: 
Hal ini dikarenakan pertumbuhan penduduk dengan pertumbuhan ekonomi masyarakat tidak seimbang. sehingga pengangguran bertambah dan kenaikan harga yang terjadi karena untuk menaikan pendapatan negara.


13. Apakah mutu tenaga kerja yang rendah merupakan salah satu penyebab terjadinya pengangguran?

Jawaban:
Mutu tenaga kerja yang rendah merupakan salah satu sebab terjadinya pengangguran, karena persaingan dalam pasar tenaga kerja banyak perusahaan yang lebih memilih menggunakan tenaga kerja yang lebih terampil dibandingkan yang mutu tenaga kerja yang tidak terampil.


14. Dalam jangka panjang apa yang menyebabkan terjadinya pengangguran friksional?

Jawaban:
Penyebab terjadinya pengangguran friksional adalah adanya waktu yang dibutuhkan pemberi kerja untuk menyeleksi pekerja. Sebab, sudah sewajarnya pemberi kerja ingin mendapatkan pekerja yang berkualitas tinggi.


15. Mengapa sektor industri menjadi salah satu faktor yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat?

Jawaban:
Sektor industri merupakan penggerak perekonomian suatu negara karena dapat memberikan kesempatan kerja yang luas dan nilai tambah yang besar sehingga mampu menyelesaikan suatu masalah yaitu mampu mengurangi tingkat kemiskinan dan tingkat pengangguran