Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

17 Soal Materi Pendapatan Nasional + Kunci Jawaban

Soal (Uraian) Pendapatan Nasional


1. Strategi apa saja yang dilakukan pemerintah untuk pemerataan distribusi pendapatan?

Jawaban:
Program Redistribusi untuk Pemerataan Distribusi Pendapatan di Indonesia: Program Pemberian Jaminan Akses Kebutuhan Dasar bagi Rakyat Bawah. Program Kredit Lunak dan Penjaminan Kredit Berbasis Komunitas. Pengembangan Usaha atau Industri Kecil.


2. Bagaimana usaha yang dapat dilakukan untuk mengatasi terjadinya ketimpangan distribusi pendapatan?

Jawaban:
Mengatasi ketimpangan distribusi pendapatan yaitu dengan cara melaksanakan pembangun di daerah-daerah yang terindentifikasi ketimpangan, jika pembangunan dilaksanakan di daerah tersebut, maka penyerapan tenaga kerja terutama masyarakat lokal dapat terpenuhi.


3. Dalam perhitungan pendapatan nasional ada 3 metode Jelaskan apa saja?

Jawaban:
Terdapat 3 (tiga) metode perhitungan yang bisa digunakan untuk mengetahui jumlah atau nilai dari pendapatan nasional, yaitu metode perhitungan pendapatan nasional dengan pendekatan produksi, pendekatan pengeluaran, dan pendekatan pemasukan.


4. Mengapa impor selalu berhubungan dengan pendapatan nasional?

Jawaban:
Impor berhubungan dengan pendapatan nasioanal dikarenakan impor merupakan salah satu komponen yang diperlukan dalam perhitungan pendapatan nasional yaitu pada metode pendekatan pengeluaran.


5. Mengapa krisis ekonomi yang mempengaruhi pendapatan nasional?

Jawaban:
Krisis ekonomi dapat mempengaruhi pendapatan nasional lantaran daya beli dalam negeri akan turun dan kestabilan tidak tercapai. Hal ini akan memberi dampak lanjutan pada tekanan ekonomi.


6. Apa saja pengaruh pertumbuhan penduduk terhadap pendapatan nasional?

Jawaban: 
Karena dengan bertambahnya jumlah penduduk maka tenaga kerja yang dibutuhkan dalam menumbuhkan perekonomian akan semakin banyak didapatkan dan dengan bertambahnya penduduk akan memperluas pangsa pasar sehingga permintaan terhadap produk meningkat yang bisa mendorong pertumbuhan ekonomi.


7. Menurut Anda apakah jumlah uang yang beredar dapat meningkatkan pendapatan suatu negara?

Jawaban: 
Fluktuasi ekonomi lebih disebabkan oleh perubahan jumlah uang beredar merupakan faktor penting yang menyebabkan perubahan penerimaan pendapatan nasional. Dapat disimpulkan bahwa apabila jumlah uang beredar meningkat maka pendapatan nasional meningkat berkorelsi positif.


8. Mengapa tingkat pendapatan yang diterima oleh seseorang sangat berpengaruh terhadap besar kecilnya pengeluaran untuk konsumsi?

Jawaban: 
Karena semakin besar pendapatan yang diterima oleh seseorang, maka akan semakin besar pula daya belinya. Namun, sebaliknya jika pendapatan seseorang semakin kecil, maka akan semakin kecil juga kemampuan membeli atau menggunakan jasanya.


9. Kenapa investasi menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi pendapatan nasional?

Jawaban: 
Pendapatan nasional atau PDB sangat erat kaitannya dengan investasi. Investasi berupa penanaman modal yang meningkat akan berdampak positif pada proses produksi dalam bisnis yang semakin giat, kemudian juga akan berimbas pada meningkatnya konsumsi rumah tangga.


10. Pendekatan pendapatan nasional apa yang digunakan di Indonesia?

Jawaban: 
Dikutip dari buku ajar Ekonomi Makro: Pendapatan Nasional yang disusun oleh Endri Sentosa, S.E, M.M, negara Indonesia menghitung pendapatan nasional juga menggunakan pendekatan produksi.


11. Mengapa perhitungan pendapatan nasional dengan menggunakan metode produksi harus menggunakan perhitungan nilai tambah produksi?

Jawaban: 
Dalam melakukan perhitungan pendapatan nasional dengan pendekatan/metode produksi, yang dijumlah adalah nilai tambah dari semua sektor produksi dalam perekonomian. Hal ini untuk menghindari kesalahan perhitungan ganda atau double counting.


12. Upaya apa saja yang dilakukan pemerintah agar semua masyarakat menikmati pendapatan dalam porsi yang adil?

Jawaban: 
Upaya yang harus dilakukan agar semua masyarakat menikmati pendapatan dalam porsi adil adalah dengan redistribusi pendapatan. Redistribusi pendapatan adalah usaha mendistribusikan kembali pendapatan dari masyarakat mampu kepada masyarakat tidak mampu.


13. Mengapa kemiskinan dan ketimpangan pendapatan menjadi masalah dalam pembangunan ekonomi?

Jawaban: 
karena kemiskinan dan ketimpangan pendapatan disebabkan oleh tidak meratanya distribusi pendapatan masing2 daerah , sehingga menghambat dan penghambat laju pembangunan ekonomi.


14. Apa yang menyebabkan terjadinya ketimpangan pada pendapatan di Indonesia?

Jawaban: 
Ketimpangan pendapatan bisa terjadi di Indonesia karena adanya perbedaan pendapatan antara masyarakat kota dan desa. Masyarakat kota mendapatkan pendapatan yang lebih banyak karena roda perekonomian Indonesia disokong oleh kota-kota besar sehingga masyarakatnya juga mendapat upah yang sebanding.


15. Apakah yang akan terjadi jika pola konsumsi suatu negara melebihi dari pendapatan nasional yang diterima suatu negara tersebut?

Jawaban:
Akan terjadi ketidak seimbangan dalam urusan menghasilkan barang karena pola komsumsi lebih banyak dibanding pendapatan


16. Apa saja kelemahan dalam pengukuran pendapatan nasional?

Jawaban:
Pendapatan nasional memiliki kelemahan dalam mengukur tingkat kesejahteraan dan kemakmuran suatu negara, yaitu: Kurang memperhatikan pentingnya distribusi pendapatan karena pendapatan nasional lebih mementingkan peningkatan produk riil.


17. Apa yang akan terjadi dengan pendapatan nasional Indonesia jika izin investasi dari luar negeri yang berada di Indonesia dicabut?

Jawaban:
Ketika izin investasi dicabut, maka jumlah investasi akan berkurang sehingga pendapatan nasional pun mengalami penurunan.