Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

16 Soal Materi Farmakologi + Kunci Jawaban

Soal (Uraian) Farmakologi 

1. Apa yang dimaksud dengan beta blocker?

Jawaban:
Beta-blockers (BB) atau penyekat beta dikenal sebagai golongan obat untuk menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi) yang bekerja dengan menghambat reseptor beta adrenergik di jantung, pembuluh darah tepi, bronkus, pankreas, dan liver.


2. Apa fungsi beta bloker?

Jawaban:
Beta bloker efektif untuk menurunkan tekanan darah namun antihipertensi lain biasanya lebih efektif untuk menurunkan kejadian stroke, infark miokard, dan kematian akibat penyakit kardiovaskuler, terutama pada lansia.


3. Apa yang dimaksud dengan antagonis kalsium?

Jawaban:
Calcium-channel blockers (CCBs) atau antagonis kalsium adalah kelompok obat yang berguna untuk menurunkan tekanan darah. Obat ini hanya boleh digunakan sesuai resep dokter. Selain untuk menurunkan tekanan darah, antagonis kalsium juga digunakan untuk menangani gangguan pada jantung dan pembuluh darah.


4. Apa saja obat golongan CCB?

Jawaban:
Contoh obat CCB adalah amlodipine, nicardipine, diltiazem, verapamil, dan nifedipine. Sama seperti jenis obat tekanan darah tinggi lainnya, CCB juga menimbulkan efek samping.


5. Apa yang dimaksud obat bebas?

Jawaban:
Obat Bebas adalah obat yang dijual bebas di pasaran dan dapat dibeli tanpa resep dokter. Tempat penjualan di Apotek dan Toko Obat Berijin. Logo lingkaran berwarna biru dengan garis tepi berwarna hitam.


6. Apa saja yang termasuk obat bebas?

Jawaban:
Contoh Obat Bebas :
1. Parasetamol (penurun demam dan pereda sakit kepala)
2. Vitamin-Vitamin.
3. Ferrosulfat (penambah darah)
4. Sediaan obat mengandung Calcium.
5. Antasid (untuk sakit maag) Ex : promag, mylanta.


7. Apa perbedaan obat bebas dan obat bebas terbatas?

Jawaban:
Tanda khusus untuk obat bebas adalah berupa lingkaran berwarna hijau dengan garis tepi berwarna hitam. Obat bebas terbatas adalah obat yang dijual bebas dan dapat dibeli tanpa dengan resep dokter, tapi disertai dengan tanda peringatan. Tanda khusus untuk obat ini adalah lingkaran berwarna biru dengan garis tepi hitam.


8. Salisilat obat untuk penyakit apa?

Jawaban:
“Asam salisilat atau salicylic acid, adalah senyawa aktif asam beta hidroksi. Senyawa aktif tersebut secara umum bermanfaat untuk mengobati jerawat, kutil, psoriasis dan gangguan kulit lainnya


9. Asam salisilat termasuk golongan obat apa?

Jawaban:
Asam salisilat adalah salah satu obat golongan keratolitik, yaitu obat-obatan yang bertindak sebagai agen pengelupas kulit. Obat ini berfungsi untuk menghilangkan sel-sel kulit mati serta menghaluskan permukaan kulit yang kasar.


10. Kassa steril itu apa?

Jawaban:
Kasa Steril Onemed adalah kasa steril yang digunakan untuk operasi besar atau kecil, khitan, penutup luka dan bebat pusar bayi. Produk ini aman digunakan karena disterilisasi dengan iradiasi sinar gamma yang tidak meninggalkan residu bahan kimia pada produk.


11. Apa peran perawat dalam farmakologi?

Jawaban:
Perawat ikut bertanggung jawab dalam memastikan bahwa pemberian obat tersebut aman dan mengawasi efek dari pemberian obat tersebut pada pasien. Bentuk proses pengobatan yang tidak aman berupa peresepan yang tidak rasional, kesalahan perhitungan dosis pada peracikan, dan kesalahan penentuan jenis sediaan obat


12. Apa saja efek samping dari obat?

Jawaban:
Beberapa contoh efek samping dari obat yang sering muncul antara lain :
1. Sakit Kepala.
2. Nyeri Otot.
3. Memburuknya Fungsi Hati.
4. Mual.


13. Faktor apa saja yang mempengaruhi pemberian obat?

Jawaban:
Faktor – faktor yg mempengaruhi aksi obat:
1. Usia.
2. Waktu pemberian.
3. Berat badan.
4. Jenis kelamin.
5. Lingkungan.
6. Faktor genetik.
7. Kondisi Individu.


14. Bagaimana cara mengatasi overdosis obat?

Jawaban:
Pertolongan yang umum dilakukan petugas medis
1. Memompa perut
2. Pemberian arang aktif
3. Memancing muntah
4. Memberikan bantuan napas
5. Terakhir, pemberian obat tambahan.


15. Kapan obat mulai bekerja?

Jawaban:
Normalnya, setelah Anda minum obat, obat tersebut akan langsung masuk ke dalam pembuluh darah sekitar 30 menit sampai 6 jam, tergantung dengan jenis obatnya.


16. Paracetamol termasuk golongan obat apa?

Jawaban:
Paracetamol adalah obat golongan analgesik atau pereda nyeri yang bermanfaat untuk meredakan rasa nyeri ringan hingga sedang, baik akibat sakit kepala, sakit gigi, menstruasi, sakit punggung, hingga terkilir. Selain meredakan nyeri, paracetamol juga dapat menurunkan demam.