Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

17 Soal Materi Farmakognosi + Kunci Jawaban

Soal (Uraian) Tentang Farmakognosi

1. Manfaat daun sirsak untuk menyembuhkan penyakit apa saja?

Jawaban:
Enam Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan:
1. Mengobati Kanker
2. Obati Asam Urat
3. Mengobati Rematik
4. Atasi Diabet
5. Mengobati Bisul
6. Singkirkan Kutu


2. Apa efek samping minum air rebusan daun sirsak?

Jawaban:
Salah satu efek samping yang dapat terjadi adalah gangguan pada hati dan ginjal. Jika daun sirsak dikonsumsi dalam jumlah berlebihan, risiko munculnya efek samping juga akan lebih tinggi. Tidak hanya itu, beberapa suplemen yang terbuat dari daun sirsak bahkan dapat merusak saraf.


3. Berapa lama minum air rebusan daun sirsak?

Jawaban:
Masukkan air ke dalam panci atau ketel, kemudian rebus hingga mendidih. Setelah air mendidih, masukkan daun sirsak satu per satu dan kecilkan api pada kompor. Rebus daun sirsak selama kurang lebih 10 sampai 20 menit.


4. Akar wangi untuk obat apa?

Jawaban:
Efektif menyembuhkan berbagai keluhan pada syaraf akibat dari depresi, stres, dan syok. Itu artinya, minyak akar wangi ini juga berkhasiat untuk mengatasi masalah trauma psikologis, seperti epilepsi, kecemasan, histeria, tremor, dan parkinson


5. Apa itu minyak atsiri dan kegunaannya?

Jawaban:
Minyak atsiri merupakan ekstrak tumbuhan dengan konsentrasi tinggi yang disuling menjadi minyak. Minyak ini berasal dari bunga, daun, akar, dan bagian tanaman lainnya yang digunakan pengobatan di beberapa budaya selama berabad-abad.


6. Apa manfaat Punica granatum?

Jawaban:
Manfaat buah delima juga baik untuk kesehatan jantung karena buah ini dapat membantu mengontrol tekanan darah dan mencegah pembentukan sumbatan pada pembuluh darah. Dengan begitu, aliran darah dari dan ke jantung, serta pembuluh darah di seluruh tubuh tetap lancar.


7. Apa nama tanaman asal akar valerian?

Jawaban:
Akar Valerian (Latin: Valeriana officinalis) adalah akar cabang berikut pangkal batang dan bagian batang di bawah tanah dari tumbuhan keluarga Valerianaceae yang dapat dimanfaatkan sebagai obat dengan khasiat sedatif.


8. Rhei Radix Untuk apa?

Jawaban:
Akar dan batangnya dipakai untuk mengobati sembelit (konstipasi), dan membantu mengatasi penggumpalan darah dan nanah.


9. Apa Manfaat Kulit Kayu Manis?

Jawaban:
Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan
1. Mengatasi infeksi akibat jamur
2. Mengurangi risiko penyakit jantung
3. Menurunkan kadar gula darah
4. Mengurangi risiko penyakit Alzheimer
5. Meredakan peradangan
6. Berpotensi mencegah kanker
7. Mengobati luka
8. Mencegah multipel sklerosis


10. Apa yang dimaksud dengan simplisia cortex?

Jawaban:
Simplisia batang dan kulit batang (cortex) merupakan bagian batang kulit batang yang digunakan sebagai ramuan obat. Simplisia kulit batang umumnya diambil dari bagian kulit terluar tanaman tingkat tinggi yang berkayu.


11. Apa manfaat dari daun teh?

Jawaban:
Berbagai Manfaat Teh:
1. Meningkatkan daya tahan tubuh
2. Mengatasi peradangan
3. Mengatasi insomnia
4. Mengatasi masalah pencernaan
5. Menurunkan berat badan
6. Meningkatkan daya ingat
7. Mencegah penyakit jantung


12. Apa manfaat Temu kunci untuk kesehatan?

Jawaban:
Temu kunci mengandung senyawa pinostrobin yang membantu melindungi kesehatan usus, lambung, serta organ pencernaan lainnya. Tidak hanya itu. Daun dari temu kunci juga dipercaya punya sifat penangkal racun, antibakteri, antiradang, serta antioksidan yang berguna untuk mengobati berbagai masalah pencernaan.


13. Jelaskan apa yang dimaksud dengan simplisia folium?

Jawaban:
Simplisia daun (folium) merupakan jenis simplisia yan paling umum digunakan sebagai bahan baku ramuan obat tradisional atau minyak atsiri. Simplisia ini dapat berupa lembaran daun tunggal atau majemuk. Simplisia daun biasanya dipakai dalam bentuk segar atau dikeringkan.


14. Apa Manfaat Curcuma domestica?

Jawaban:
Kunyit memiliki banyak khasiat yang potensial bagi kesehatan, seperti antioksidan, antitumor, obat batuk, anti-diabetes, obat liver, gangguan Alzheimer, dan antiinflamasi. Tanaman herbal ini bisa menjadi terapi alternatif untuk artritis gout.


15. Apa itu Syzygium polyanthum folium?

Jawaban:
Syzygium polyanthumatau yang dikenal dengan nama daun salam merupakan salah satu spesiesdari famili Myrtaceae yang digunakan sebagai bumbu masak maupun obat terutama di daerah Asia Tenggara seperti Malaysia dan Indonesia


16. Apa saja manfaat dari daun salam?

Jawaban:
Daun salam mengandung zat bernama linalol yang mampu menurunkan hormon stres dalam tubuh. Zat ini biasanya banyak terkandung di dalam aromaterapi. Manfaat daun salam lainnya yakni bisa menjadi obat untuk menurunkan tekanan darah yang ada di dalam tubuh, sehingga dapat menghindarkan Anda dari hipertens


17. Kandungan apa saja yang terdapat dalam temu giring?

Jawaban:
Adanya kandungan flavonoid, tanin, damar, minyak atsiri, dan saponin yang berpotensi sebagai antioksidan untuk pembuatan tabir surya sehingga dapat mengurangi kerusakan sel kulit akibat sinar UV.