Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

15 Soal Materi Energi Panas Beserta Jawaban

Soal (Uraian) Energi Panas

1. Apa manfaat energi panas bagi petani?

Jawaban:
Fungsinya adalah sebagai energi tanaman petani yang akan ditanamnya , dan sinar tersebut akan membuat tanaman petani itu tumbuh.


2. Mengapa ketika kita menggosok kedua telapak tangan lama kelamaan menjadi terasa panas?

Jawaban:
Hal ini karena gesekan antara dua benda secara terus-menerus akan menghasilkan energi panas


3. Bagaimana rumus kalor?

Jawaban:
Q = m.c.(t2 – t1)
Q adalah kalor yang dibutuhkan (J). m adalah massa benda (kg). c adalah kalor jenis (J/kgC). (t2-t1) adalah perubahan suhu (C).


4. Mengapa panas dan suhu adalah dua hal yang berbeda?

Jawaban:
Panas (kalor) dan suhu adalah dua hal yang berbeda. Energi panas merupakan salah satu energi yang dapat diterima dan dilepaskan oleh suatu benda. Sementara suhu adalah besaran yang menyatakan derajat panas suatu benda. Suhu suatu benda menunjukkan tingkat energi panas benda tersebut.


5. Apa saja peristiwa perpindahan panas secara konveksi?

Jawaban:
Contoh konveksi dapat dilihat dari peristiwa sebagai berikut. Air yang mendidih merara ketika dipanaskan. Memasak bubur kacang hijau dalam panci, kacang hijau menjadi panas merata. Terjadinya angin darat dan angin laut.


6. Bagaimana cara panas matahari berpindah ke bumi?

Jawaban:
Perpindahan kalor dari matahari sampai ke bumi dengan cara radiasi


7. Bagaimana cara mencegah terjadinya perpindahan kalor pada termos?

Jawaban:
Dinding termos dibuat sedemikian rupa, untuk menghambat perpindahan kalor pada termos. Oleh karena itu, pemanfaatan perpindahan kalor pada termosyaitu menghambat panas agar tidak keluar dari termos.


8. Apa perpindahan panas yang terjadi saat terjadinya angin darat dan angin laut?

Jawaban:
Peristiwa alam ter- jadinya angin darat dan angin laut merupakan akibat perpindahan panas secara konveksi.


9. Apakah api unggun termasuk radiasi?

Jawaban:
Panas dari api unggun berpindah secara radiasi ke semua arahnya. Inilah mengapa saat berada di sekitar api unggun, baik tubuh maupun benda akan terasa hangat.


10. Apa saja ciri ciri perpindahan kalor secara konduksi?

Jawaban:
Membutuhkan zat perantara (medium) Harus bersentuhan. Terjadi pada zat padat. Perpindahan kalor tidak diikuti zat perantaranya.


11. Apa manfaat sinar matahari bagi hewan?

Jawaban:
Panas dari sinar Matahari dapat digunakan beberapa hewan untuk membantu melancarkan proses pencernaan makan di tubuh mereka. Terutama hewan reptil, panas Matahari sangat berguna untuk menghangatkan tubuh hewan untuk bisa bertahan hidup di habitatnya.


12. Kalor jenis air berapa?

Jawaban:
Untuk kalor jenis air adalah 4200 J/kg derajat Celcius. Kapasitas kalor adalah jumlah kalor yang diserap suatu benda dengan massa tertentu


13. Dari manakah arah aliran panas?

Jawaban:
Arah perpindahan panas dimulai dari media dengan suhu tinggi menuju ke media dengan suhu yang lebih rendah. Perpindahan panas dapat terjadi dengan satu proses tunggal maupun proses ganda.


14. Bagaimana cara perpindahan panas pada udara?

Jawaban:
Konveksi merupakan perpindahan panas melalui aliran yang zat perantaranya ikut berpindah. Jika partikelnya berpindah dan mengakibatkan kalor merambat, maka akan terjadi konveksi. Konveksi terjadi pada zat cair dan gas (udara/angin).


15. Mengapa aliran panas berhenti pada sebuah bahan isolator?

Jawaban:
Aliran panas berhenti pada bahan isolator karena bahan tersebut, tidak dapat mengalirkan panas secara konduksi dari sumber panas. Sehingga, penggunaan bahan isolator terutama untuk melindungi pemakai alat agar tidak kepanasan dan dapat menggunakan alat tersebut sebagaimana mestinya.