Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

15 Soal Materi Energi Bunyi + Kunci Jawaban

Soal (Uraian) Energi Bunyi

1. Apa saja sifat gelombang bunyi?

Jawaban:
(1) merupakan gelombang longitudinal
(2) dapat dipolarisasikan
(3) tidak bisa menjalar dalam ruang hampa
(4) tidak memerlukan zat perantara untuk merambat.


2. Apa saja ciri ciri gelombang bunyi dan jelaskan?

Jawaban:
Berikut ini ada beberapa ciri-ciri gelombang bunyi, diantaranya:
1. Ada Sumber Bunyi
Hal yang utama menjadi ciri-ciri gelombang bunyi adalah adanya sumber bunyi. Sumber bunyi berasal dari benda yang memiliki kemampuan untuk menghasilkan bunyi. Biasanya bunyi dihasilkan dari benda yang bergetar atau bergerak, dan diperoleh bunyi yang dapat didengar.
2. Membutuhkan Medium Rambat
Gelombang bunyi harus melewati medium tertentu agar dapat merambat. Medium gelombang bunyi untuk merambat bisa berupa benda dengan wujud padat, cair, maupun gas (melalui udara). Tanpa ketiga jenis medium tersebut maka bunyi tidak akan merambat dan tidak dapat didengar.
3. Dapat Dipantulkan
Gelombang bunyi dapat dipantulkan atau direfleksikan, ini merupakan ciri-ciri gelombang bunyi. Gelombang bunyi yang dipantulkan dapat didengar ketika bunyi gema atau gaung. Keduanya membuat bunyi memantul yang diakibatkan karena mengenai permukaan benda yang sangat keras.
4. Dapat Dibiaskan
Selain dapat dipantulkan, gelombang bunyi juga dapat dibiaskan atau dibelokkan. Fenomena ini dapat dilihat ketika ada petir, suaranya akan terdengar lebih keras pada malam hari. Sebab suhu udara malam hari di bagian bawah lebih dingin daripada suhu di atmosfer.
5. Dapat Dipadukan
Ciri-ciri gelombang bunyi yang lainnya yaitu dapat dipadukan atau disebut interferensi. Contohnya saja dalam hal ini yaitu ketika dua pengeras suara dihubungkan ke sebuah generator sinyal, maka keduanya dapat berfungsi sebagai sumber bunyi yang koheren.
6. Dapat Dilenturkan
Difraksi atau pelenturan juga dapat terjadi pada gelombang bunyi. Peristiwa pelenturan gelombang bunyi terjadi ketikat bunyi melewati celah yang sempit. Pelenturan gelombang dapat terjadi akibat melewati celah sempit karena gelombang bunyi memiliki panjang yang rentangnya mulai dari sentimeter hingga beberapa meter, pada celah sempit gelombang akan mudah dilenturkan.
7. Tidak Terdengar di Ruang Hampa
Salah satu ruang hampa yang banyak dikenal adalah luar angkasa. Di luar angkasa tidak ditemukan bunyi, hal ini disebabkan luar angkasa merupakan ruang hampa. Gelombang bunyi tidak dapat merambat karena tidak ada medium perantara. Sehingga bunyi tidak akan terdengar pada luar angkasa.
8. Kecepatan Rambat Dipengaruhi Medium
Bunyi yang merambat memiliki kecepatan, cepat rambat dari bunyi dipengaruhi oleh suhu dan massa pada medium yang dilaluinya. Berdasarkan cepat rambatnya, bunyi akan lebih cepat terdengar apabila melalui medium zat padat, namun saat melalui medium zat cair dan gas cepat rambat bunyi akan lebih lambat. Sebab kerapatan partikel zat padat lebih rapat daripada benda cair dan gas.
9. Dapat Beresonansi
Ciri-ciri gelombang bunyi selanjutnya yaitu dapat beresonansi. Artinya klasifikasi benda yang dilewati oleh gelombang bunyi dapat ikut bergetar dan bahkan memiliki frekuensi yang sama dengan sumber bunyi dimana ia berasal dari benda yang sebelumnya.
10. Gelombang Longitudinal
Gelombang bunyi termasuk kedalam gelombang longitudinal, yaitu gelombang yang arah perambatannya searah dengan getaran partikel. Dapat juga disebut sebagai arah gerakan medium gelombang itu sama, atau berlawanan dengan arah perambatan gelombang.
11. Gelombang Mekanik
Gelombang bunyi juga termasuk gelombang mekanik. Artinya gelombang mekanik merambat hanya pada medium tertentu saja. Oleh karena itu, ciri ini sangat sesuai dengan gelombang bunyi yang membutuhkan medium sebagai perantara.
12. Memiliki Frekuensi
Setiap gelombang bunyi yang merambat memiliki frekuensi. Satuan frekuensi gelombang bunyi yaitu Hertz (Hz). Berdasarkan frekuensinya, gelombang bunyi dibedakan menjadi 3 jenis yaitu audiosonik (20 sampai dengan 20.000 Hz), infrasonik (di bawah 20 Hz), dan ultrasonik (di atas 20.000 Hz).
13. Memiliki λ, A, T, f, dan v
Ciri-ciri gelombang yang berikutnya yaitu memiliki λ, A, T, f, dan v. Panjang gelombang (λ) merupakan jarak yang ditempuh gelombang dalam satu periode. Amplitudo (A) adalah simpangan maksimum dari kedudukan kesetimbangan. Periode (T) adalah waktu yang diperlukan untuk menempuh satu panjang gelombang. Frekuensi (f) adalah banyaknya getaran yang per satuan waktu. Cepat rambat (v) gelombang yaitu besar jarak tempuh gelombang dalam interval waktu tertentu.
14. Pelayangan
Pelayangan bunyi adalah dua bunyi keras atau dua bunyi lemah yang terjadi secara berurutan. Jika kedua gelombang bunyi merambat bersamaan, bunyi paling kuat akan dihasilkan saat fase keduanya sama. Jika kedua getaran berlawanan fase, maka akan menghasilkan bunyi paling lemah.


3. Apa perbedaan antara suara dan bunyi?

Jawaban:
Syarat terjadinya bunyi adalah sumber bunyi, zat perantara, dan pendengar. Sedangkan suara adalah bunyi yang dapat didengar dan dengan bentuk gelombang tertentu. Suara biasanya dihasilkan oleh makhluk hidup sebagai alat untuk berkomunikasi satu sama lain atau mengirimkan sinyal komunikasi.


4. Apa saja tiga contoh bunyi kuat?

Jawaban:
1.suara TV.
2. Suara Gerungan mobil.
3.suara gerbang besi yang di buka.


5. Bunyi tidak dapat merambat di mana?

Jawaban:
Bunyi tidak dapat merambat melalui vakum (hampa udara).


6. Kuat lemahnya bunyi disebut apa?

Jawaban:
Kuat lemahnya tekanan dalam lagu disebut dinamika.


7. Apakah bunyi dapat merambat di air?

Jawaban:
Perambatan bunyi dapat melalui air. Ketika kita membenturkan dua buah batu di dalam air, bunyinya bisa terdengar dari luar air. Hal ini menunjukkan bahwa bunyi merambat melalui air. Bunyi benturan tersebut lebih lemah dibandingkan bunyi benturan batu di luar air.


8. Kapan terjadinya bunyi pantul pada gaung?

Jawaban:
Gaung yaitu bunyi pantul yang terdengar sebagian bersamaan dengan bunyi asli sehingga bunyi asli hanya terdengar sebagian. Gaung terjadi karena sumber bunyi dan pendengar jaraknya cukup dekat dengan dinding pantul. Gema yaitu bunyi pantul yang terdengar setelah bunyi asli selesai terdengar.


9. Mengapa bunyi pada malam hari terdengar jelas daripada siang hari?

Jawaban:
Pada malam hari, suhu di sekitar bumi lebih tinggi daripada suhu di atmosfer. Hal ini menyebabkan gelombang suara dibiaskan dari bumi ke atmosfer. Efek dari kondisi ini adalah arah gelombang suara lebih dekat ke pendengaran. Oleh karena itu, kita dapat dengan jelas mendengar suara malam bahkan dari kejauhan.


10. Jelaskan apa yang dimaksud dengan frekuensi bunyi?

Jawaban:
Frekuensi bunyi merupakan sebuah getaran frekuensi yang mampu terdengar oleh manusia dengan standar 20 hz hingga s/d 20.000 hz (20 Khz)


11. Mengapa gelombang bunyi dapat dengan mudah mengalami difraksi?

Jawaban:
Gelombang bunyi sangat mudah mengalami difraksi karena gelombang bunyi di udara memiliki panjang gelombang dalam rentang sentimeter hingga beberapa meter.


12. Apakah hubungan antara bunyi dengan getaran?

Jawaban:
Bunyi merupakan gelombang yang berasal dari benda yang bergetar. Benda yang bergetar itu adalah sumber bunyi. Jadi, bunyi berasal dari getaran yang dihasilkan oleh sumber bunyi. Getaran dari suatu benda akan mengakibatkan udara di sekitarnya bergetar


13. Perambatan bunyi paling cepat melalui apa?

Jawaban:
Bunyi merambat paling cepat melalui zat atau benda padat


14. Apa sajakah contoh bunyi kuat?

Jawaban:
Berikut adalah 5 contoh bunyi kuat yang dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari:
1. Suara hujan pada atap seng.
2. Suara klakson kendaraan.
3. Suara sirene ambulans.
4. Suara barang pecah belah yang pecah.
5. Suara sambaran petir.


15. Apa saja contoh bunyi buatan?

Jawaban:
1. Speaker
2. Toa
3. Gerindra / Home Grinders
4. Mesin pesawat
5. Sirine
6. Klakson
7. Suara ketukan palu
8. Suara knalpot kendaraan