Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

16 Soal Materi Biokimia + Kunci Jawaban

Soal (Uraian) Biokimia

1. Apakah fungsi air di dalam sel?

Jawaban:
Selain sebagai senyawa pembentuk sel, air juga berperan dalam mengatur suhu tubuh, sebagai pelarut zat-zat gizi, membantu dalam proses pencernaan, transportasi zat gizi ke sel-sel, sebagai pelumas dan lubrikan terhadap sendi, serta menjadi media pengeluaran zat sisa (urine).


2. Apa perbedaan antara senyawa organik dan anorganik?

Jawaban:
Perbedaan dari senyawa organik dan anorganik yang pertama terletak pada asalnya. Senyawa organik berasal dari makhluk hidup dan hasil fotosintesis. Lain halnya dengan senyawa anorganik, senyawa anorganik dihasilkan dari sumber daya alam mineral dan bukan dari makhluk hidup.


3. Apa saja sifat sifat protein?

Jawaban:
Sukar larut dalam air karena ukuran molekulnya yang sangat besar. Dapat mengalami koagulasi oleh pemanasan dan penambahan asam atau basa. Bersifat amfoter karena membentuk ion zwitter.


4. Apa perbedaan molekul RNA dengan molekul DNA?

Jawaban:
DNA memiliki bentuk double heliks yang terdiri dari dua rantai yang saling berpilin, sedangkan RNA hanya terdiri atas satu rantai atau heliks tunggal. RNA juga memiliki rantai nukleotida yang jauh lebih pendek jika dibandingkan dengan rantai DNA.


5. Polimer apa saja?

Jawaban:
Polimer dapat digolongkan menjadi dua macam, yaitu polimer alam (seperti pati, selulosa, dan sutra) dan polimer sintetik (seperti polietilena (PE), nilon, poli vinil klorida (PVC), polikarbonat (PC), polistirena (PS), dan karet silicon).


6. Apa yg dimaksud dengan polimer?

Jawaban:
Polimer adalah rantai berulang dari atom yang panjang, terbentuk dari pengikat yang berupa molekul identik yang disebut monomer. Sekalipun biasanya merupakan organik (memiliki rantai karbon), ada juga banyak polimer inorganik. Contoh terkenal dari polimer adalah plastik dan DNA.


7. Amino buat apa?

Jawaban:
Manfaat asam amino lainnya adalah untuk melepaskan insulin, sehingga tingkat keseimbangan gula darah terjaga. Sementara itu, hormon pertumbuhan dapat meningkatkan perkembangan massa otot dan membantu proses pembakaran lemak dan energi, serta memperkuat tulang dan kolagen.


8. Apa yang dimaksud air terikat secara kimia?

Jawaban:
Air terikat secara kimia, yaitu air yang berada dalam bahan dalam bentuk kristal dan air yang terikat dalam sistem dispersi koloid. Air terikat di atas dapat berikatan dengan protein, selulosa, zat tepung, pektin, dan sebagian zat-zat yang terkandung dalam bahan pangan


9. Metabolisme ada berapa?

Jawaban:
Berdasarkan tujuannya, metabolisme dibagi menjadi dua bentuk, yaitu anabolisme dan dan katabolisme.


10. Bagaimana cara tubuh kita mengubah makanan menjadi energi kimia?

Jawaban:
Makanan dan minuman yang sudah dikonsumsi dan masuk ke dalam tubuh, akan dipecah oleh enzim yang ada di dalam sistem pencernaan. Melalui reaksi katabolisme, protein dipecah menjadi asam amino. Asam amino bisa digunakan sebagai sumber energi ketika tubuh membutuhkannya


11. Apa hubungan antara enzim dan metabolisme?

Jawaban:
Enzim sangat krusial bagi proses metabolisme karena enzim memungkinkan suatu organisme mengatur reaksi yang diinginkan yang membutuhkan energi untuk tidak terjadi dengan sendirinya dengan cara memasangkan mereka. Pemasangan ini akan menghasilkan suatu reaksi spontan yang akan menghasilkan energi.


12. Bagaimana cara protein terbentuk?

Jawaban:
Tahapan sintesis protein terdiri dari dua proses, yakni transkripsi dan translasi. Pada sel eukariotik, transkripsi terjadi di dalam nukleus, sementara translasi terjadi di ribosom yang terdapat pada sitoplasma. Kedua proses ini dapat diringkas menjadi DNA → RNA → Protein.


13. Apa fungsi isoleusin?

Jawaban:
Isoleusin merupakan BCAA (branched-chain amino acid) yang paling banyak membangun otot. Asam amino ini juga memiliki peran penting dalam mengatur kadar energi dalam tubuh, meningkatkan daya tahan tubuh, serta memproduksi hemoglobin. Anda bisa mendapatkan isoleusin dari daging sapi.


14. Cara kerja enzim ada berapa?

Jawaban:
Cara kerja enzim dibagi menjadi dua, yaitu gembok dan anak kunci (lock and key) serta kecocokan induksi (induced fit). Menurut teori gembok dan anak kunci, enzim memiliki sisi aktif yang kosong. Sisi aktif tersebut merupakan tempat menempelnya substrat agar enzim dapat bekerja


15. Apa itu katabolisme lemak?

Jawaban:
Katabolisme salah satunya adalah katabolisme lemak. - Pemecahan molekul lemak, dilakukan dengan memecah lemak menjadi asam lemak dan gliserol.


16. Lemak diproses dimana?

Jawaban:
Lemak tidak dapat larut dalam air, maka proses emulsifikasi (pencampuran) lemak sangat diperlukan. Di bagian atas usus kecil, lebih tepatnya duodenum, proses emulsifikasi lemak secara mekanik berlanjut dengan bantuan asam empedu yang dihasilkan dari kantung empedu.