Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

16 Soal Materi Sejarah Perekonomian + Kunci Jawaban

Soal (Uraian) Sejarah Perekonomian

1. Mengapa ekonomi pada masa Demokrasi Liberal tidak berkembang dengan baik?

Jawaban:
ketidakstabilan ekonomi era demokrasi liberal disebabkan kondisi insfastruktur yang rusak pasca perang, gemuknya anggaran angkatan perang, dominasi perusahaan-perusahaan Belanda, dan jatuh bangunya kabinet di era tersebut.


2. Apa upaya pemerintah untuk memperbaiki keadaan perekonomian pada masa liberal?

Jawaban:
Dalam rangka memperbaiki keadaan ekonomi, pemerintah berupaya mengubah struktur ekonomi kolonial menjadi ekonomi nasional. Caranya dengan memberi bantuan kredit kepada pengusaha-pengusaha pribumi agar usahanya dapat berkembang maju dan perubahan struktur ekonomi akan tercapai.


3. Apa yang melatar belakangi lahirnya Deklarasi ekonomi?

Jawaban:
Tercatat bahwa utang yang ditanggung Indonesia pada masa itu sekitar Rp 794 miliar atau 2,4 miliar Dollar Amerika Serikat. Untuk memperbaiki kondisi ekonomi di Indonesia secara menyeluruh, pada 28 Maret 1963 Presiden Soekarno mencetuskan Deklarasi Ekonomi (Dekon).


4. Mengapa terjadi inflasi di Indonesia pada masa demokrasi terpimpin?

Jawaban:
Jatuhnya perekonomian Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin dan inflasi yang sangat tinggi disebabkan oleh sikap pemerintah Indonesia yang lebih mementingkan kepentingan politik tanpa memperhatikan keadaan ekonomi.


5. Sistem ekonomi apakah yang digunakan oleh Indonesia dimasa orde lama?

Jawaban:
Pada masa itu sistem ekonomi dikuasai negara, dengan disebut sistem ekonomi etatisme atau ekonomi terpimpin.


6. Sistem ekonomi apakah yang digunakan oleh Indonesia di masa Orde Lama?

Jawaban:
Disebutnya sistem ekonomi etatisme atau ekonomi terpimpin. Depernas ini sempat membuat program bernama Pembangunan Nasional Berencana Delapan Tahun (1961-1968) dengan mengeruk kekayaan alam sebanyak mungkin demi ningkatin program pembangunan nasional.


7. Bagaimana perkembangan ekonomi Indonesia dimasa Pemerintahan kolonial Belanda?

Jawaban:
Perkembangan ekonomi masyarakat Indonesia ketika masa kolonial : Terjadi perubahan masyarakat dalam kegiatan poduksi, konsumsi dan distribusi. Kegiatan produksi pertanian dan perkebunan mengalami kemajuan yang pesat dengan diketemukannya perlatan pertanian yang lebih modern


8. Mengapa pada saat penjajahan Belanda perekonomian Indonesia sangat terpuruk?

Jawaban:
Pada masa penjajahan kondisi ekonomi sangat sulit dan buruk karena masyrakat pada masa itu melakukan tanaman paksa dalam bidang pertanian dengan menanam rempah-rempah yang laku terjual dipasar luar


9. Bagaimana keadaan ekonomi Indonesia sebelum merdeka?

Jawaban:
Seperti yang kita tahu bahwa sebelum penjajah masuk ke Indonesia, sistem ekonomi Indonesia pada saat itu sangat didominasi oleh dunia Pertanian dan Monokultural dimana Padi banyak diproduksi di Pulau Jawa sedangkan rempah-rempah banyak diproduksi di Maluku.


10. Apa yang mendorong lahirnya ekonomi?

Jawaban:
Sebab utama munculnya ilmu ekonomi. Pertama kebutuhan manusia yang sangat banyak ragamnya. Kedua jumlah barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan manusia adalah terbatas dan langka, sehingga manusia harus memilih.


11. Sejak kapan hukum ekonomi dikenal di Indonesia?

Jawaban:
Istilah Hukum Ekonomi atau Economic Law mulai dikenal di Indonesia pada sekitar tahun 1972. Pada saat itu masih banyak kalangan pakar hukum yang masih menentang kehadiran hukum eEkonomi sebagai suatu bidang studi hukum yang baru dan mandiri.


12. Siapa penemu sistem ekonomi nasional?

Jawaban:
Soemitro Djojohadikusumo merupakan ekonom Indonesia yang aktif dalam mengemukakan gagasan sistem ekonomi nasional Indonesia.


13. Apakah yang menjadi dasar ekonomi di Indonesia?

Jawaban:
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (UUD 1945) Pasal 33 ayat (1) menegaskan bahwa perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan.


14. Mengapa negara Indonesia menganut sistem ekonomi kerakyatan?

Jawaban:
Penerapan ekonomi kerakyatan memiliki tujuan khusus, yakni demi mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, dengan melalui peningkatan kemampuan masyarakat dalam mengendalikan kegiatan perekonomian.


15. Apa dasar landasan penetapan sistem ekonomi kerakyatan di Indonesia?

Jawaban:
Ketiga prinsip dasar dari Sistem Ekonomi Kerakyatan ini termaktub dalam Pasal 33 Undang-Undang Dasar 1945, yaitu: Pasal 33 Ayat 1, “Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasarkan atas asas kekeluargaan.”


16. Bagaimana upaya pemerintah dalam menekan laju inflasi pada masa demokrasi terpimpin?

Jawaban:
Salah satu upaya pemerintah untuk mengatasi inflasi 1959 adalah dengan diberlakukannya kebijakan sanering. Kebijakan sanering dilakukan pemerintah berdasarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang No. 2/1959. Peraturan tersebut bertujuan untuk mengurangi banyaknya uang yang beredar.