Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

16 Soal Materi Perilaku Organisasi + Kunci Jawaban

Latihan Soal (Essay) Bab Perilaku Organisasi

1. Apa hubungan antara perilaku organisasi dengan manajemen?

Jawaban:
Manajemen merupakan proses dari perencanaan, pengawasan, pengendalian, hingga evaluasi. Sedangkan perilaku organisasi atau corporate governance merupakan sebuah budaya perusahaan dan nilai nilai yang diutamakan untuk dijalankan dalam sebuah perusahaan.


2. Apakah yang menjadi faktor penghambat dalam suatu perilaku organisasi ?

Jawaban:
Faktor Penghambat Pengembangan Organisasi
1. Fokus Internal
2. Market Disruptions
3. Key Performance Indicators (KPI)
4. Kehilangan Orientasi
5. Tidak Fokus
6. Kompleksitas
7. Pertanggungjawaban yang Tidak Jelas
8. Ketidakmampuan Melihat Peluang


3. Bagaimana penerapan motivasi dalam organisasi agar dapat menyelesaikan kendala kendala perilaku individu dalam organisasi?

Jawaban:
Penerapan motivasi dalam organisasi dapat menyelesaikan kendala-kendala perilaku dalam organisasi yaitu dengan motivasi kita dapat membangun rasa percaya diri seseorang, membuat seseorang keluar dari rasa keterpurukannya dan perilaku negatif lainnya menjadi sesuatu yang positif, dan tentunya dengan dukungan dari orang-orang


4. Apa yang dimaksud dengan perilaku organisasi?

Jawaban: 
Perilaku organisasi merujuk pada cara individu-individu dalam suatu organisasi berinteraksi satu sama lain dan dengan lingkungan kerja mereka.


5. Mengapa memahami perilaku organisasi penting bagi manajer?

Jawaban: 
Memahami perilaku organisasi membantu manajer dalam memprediksi dan memahami bagaimana individu dan kelompok bertindak di tempat kerja, sehingga mereka dapat mengelola dan memotivasi karyawan secara efektif.


6. Apa perbedaan antara perilaku organisasi yang efektif dan yang tidak efektif?

Jawaban: 
Perilaku organisasi yang efektif mendukung tujuan organisasi dan meningkatkan kinerja, sementara perilaku yang tidak efektif dapat menghambat kinerja dan menciptakan ketegangan di tempat kerja.


7. Jelaskan peran budaya organisasi dalam membentuk perilaku karyawan.

Jawaban: 
Budaya organisasi menciptakan norma, nilai, dan ekspektasi yang mempengaruhi perilaku karyawan. Ini dapat mencakup kebijakan, ritual, dan simbol yang menjadi bagian dari identitas organisasi.


8. Bagaimana konflik dapat memengaruhi perilaku organisasi?

Jawaban: 
Konflik dapat mengganggu kolaborasi, motivasi, dan kepuasan kerja, serta menyebabkan stres di tempat kerja.


9. Apa yang dimaksud dengan motivasi dalam konteks perilaku organisasi?

Jawaban: 
Motivasi adalah dorongan internal yang mendorong individu untuk bertindak atau mencapai tujuan tertentu di tempat kerja.


10. Jelaskan teori motivasi Maslow dan bagaimana ia dapat diterapkan dalam manajemen perilaku organisasi.

Jawaban: 
Teori Maslow menyatakan bahwa kebutuhan dasar manusia, seperti fisik, keamanan, sosial, harga diri, dan aktualisasi diri, harus dipenuhi secara berurutan. Manajer dapat menggunakan teori ini untuk memahami kebutuhan karyawan dan menyusun strategi motivasi yang sesuai.


11. Mengapa penting bagi manajer untuk memahami perbedaan individual dalam perilaku karyawan?

Jawaban: 
Perbedaan individual memengaruhi preferensi, nilai, dan motivasi karyawan. Memahami perbedaan ini memungkinkan manajer untuk mempersonalisasi pendekatan manajemen mereka dan meningkatkan kinerja individu.


12. Bagaimana pengambilan keputusan kelompok dapat memengaruhi perilaku organisasi?

Jawaban: 
Pengambilan keputusan kelompok dapat meningkatkan kreativitas, inovasi, dan dukungan untuk keputusan yang diambil. Namun, itu juga bisa mengarah pada konformitas, konflik, atau pengaruh dominasi kelompok tertentu.


13. Jelaskan perbedaan antara kepemimpinan transaksional dan transformasional dalam konteks perilaku organisasi.

Jawaban: 
Kepemimpinan transaksional berfokus pada pertukaran antara pemimpin dan pengikut, sementara kepemimpinan transformasional berusaha untuk menginspirasi dan mengubah pengikut melalui visi dan nilai yang diperjuangkan.


14. Bagaimana teknologi informasi mempengaruhi perilaku organisasi?

Jawaban: 
Teknologi informasi mempengaruhi komunikasi, kolaborasi, dan struktur organisasi. Ini dapat memfasilitasi kerja tim virtual, meningkatkan efisiensi operasional, dan memungkinkan akses yang lebih cepat ke informasi.


15. Apa peran komunikasi dalam perilaku organisasi?

Jawaban: 
Komunikasi adalah kunci dalam membentuk hubungan antarindividu dan antarunit dalam organisasi. Ini memfasilitasi pertukaran informasi, koordinasi tugas, dan pemecahan masalah.


16. Jelaskan konsep kepemimpinan otoriter dan demokratis dalam konteks perilaku organisasi.

Jawaban: 
Kepemimpinan otoriter melibatkan pengambilan keputusan oleh pemimpin tanpa partisipasi pengikut, sementara kepemimpinan demokratis melibatkan partisipasi pengikut dalam proses pengambilan keputusan.