Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Soal Materi Perekonomian Terbuka + Kunci Jawaban

Soal (Uraian) Perekonomian Terbuka

1. Apa syarat yang harus dipenuhi agar perekonomian terbuka mencapai keseimbangan?

Jawaban: 
Syarat yang harus dipenuhi agar perekonomian 3 sektor mencapai keseimbangan adalah jika penawaran agregat sama dengan pengeluaran agregat atau jumlah penawaran agregat sama dengan besarnya tingkat konsumsi, investasi dan pengeluaran pemerintah.


2. Apakah yang dimaksud pengeluaran agregat dalam perekonomian terbuka?

Jawaban:
Pengeluaran agregat (aggregate expenditures) adalah jumlah pengeluaran untuk barang dan jasa dalam sebuah perekonomian. Itu mencakup pengeluaran konsumsi, pengeluaran investasi, pengeluaran pemerintah, dan pembelian oleh orang asing.


3. Apa pengertian sistem perekonomian terbuka?

Jawaban:
Perekonomian terbuka adalah perekonomian yang melibatkan diri dalam perdagangan internasional (ekspor dan impor) barang dan jasa serta modal dengan negara-negara lain


4. Uraikan mengenai sektor rumah tangga!

Jawaban:
Sektor Rumah Tangga (Households Sector) terdiri dari sekelompok individu yang dianggap homogen dan identik,
1. Hubungan dengan Perusahaan: Awalnya rumah tangga menjual sumber daya manusia yang dimilikinya kepada perusahaan. Dari interaksi antara rumah tangga dan perusahaan, mereka disatukan dalam pasar tenaga kerja. Kemudian dari penjualan SDM, rumah tangga mendapatkan penghasilan yang terdiri dari sewa, bunga, upah dan keuntungan. Ini disatukan di pasar keuangan & lembaga keuangan.
2. Hubungan dengan Pemerintah: Dalam hubungan ini rumah tangga menyetorkan sejumlah uang sebagai pajak pada pemerintah dan rumah tangga menerima kwitansi dalam bentuk gaji, bunga, pendapatan non-remunerasi dari pemerintah (dalam bentuk pajak).
3. Hubungan dengan negara lain: Untuk dapat mencapai hubungan dengan negara lain, rumah tangga di haruskan untuk melewati pasar barang dan pasar luar negeri. Rumah tangga mengimpor barang dan jasa dari luar negeri guna memenuhi kebutuhan hidup.


5. Uraikan tentang sektor perusahaan!

Jawaban:
Perusahaan merupakan gabungan unit kegiatan yang menghasilkan produk barang dan jasa.
1. Hubungan dengan Rumah Tangga: Perusahaan memproduksi produk dalam bentuk barang dan jasa yang dikonsumsi oleh masyarakat. Kemudian perusahaan mendapatkan penghasilan dari penjualan produk-produknya. Interaksi ini terpenuhi di pasar barang. Pasar Barang adalah pasar yang menyatukan penawaran dan permintaan barang dan jasa. Pasar barang sering disebut sektor riil.
2. Hubungan dengan Pemerintah: Perusahaan membayar pajak kepada pemerintah dan perusahaan menjual produk dan layanan kepada pemerintah melalui pasar barang.
3. Hubungan dengan Dunia Internasional: Perusahaan mengimpor produk dan layanan dari luar negeri melalui pasar barang dan pasar luar negeri. Dari hasil penjualan tersebut perusahaan mendapatkan untung.


6. Uraikan mengenai sektor pemerintah?

Jawaban:
Bertindak sebagai pembuat dan pengatur kebijakan komunitas dan bisnis.
1. Hubungan dengan Rumah Tangga Pemerintah menerima pembayaran pajak rumah tangga untuk keperluan operasional, pengembangan, dan kebutuhan lain untuk mengembangkan negara.
2. Hubungan dengan Perusahaan pemerintah mendapatkan pendapatan pajak dari perusahaan dan pemerintah juga membeli produk dari perusahaan berdasarkan dana anggaran yang ada.


7. Uraikan tentang sektor negara lain!

Jawaban:
1. Hubungan dengan rumah tangga: Negara-negara lain (internasional) menyediakan barang dan jasa untuk kepentingan rumah tangga yang dilakukan di pasar luar negeri, dari pasar luar negeri hingga pasar barang domestik sehingga produk yang dihasilkan dapat dibeli oleh rumah tangga. Sehingga dari transaksi jual beli ini negara lain mendapat untung / untung.
2. Hubungan dengan Perusahaan Dunia internasional (negara lain): Mengekspor produk mereka ke bisnis perusahaan. Aliran barang dan jasa juga melewati pasar domestik dan kemudian masuk ke pasar barang. Dari proses tersebut juga menghasilkan untung.