Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9 Soal Materi Kerjasama Ekonomi Internasional + Kunci Jawaban

Soal (Uraian) Kerjasama Ekonomi Internasional

1. Apa tujuan dari kerjasama ekonomi internasional?

Jawaban: 
Tujuan kerja sama ekonomi internasional terkait dengan pemenuhan kebutuhan ekonomi yang saling menguntungkan


2. Mengapa kerja sama multilateral regional dapat memberi keuntungan bagi Indonesia?

Jawaban: 
Manfaat lain dari kerjasama multilateral adalah meningkatkan kesejahteraan ekonomi. Dengan melakukan kerjasama multilateral, maka kita bisa lebih mudah mendapatkan barang- barang yang tidak diproduksi di dalam negeri untuk kemudian dikonsumsi di dalam negeri


3. Mengapa dengan melakukan kerja sama ekonomi internasional dapat memperoleh banyak modal dan teknologi yang lebih baik?

Jawaban: 
Dengan melakukan kerja sama ekonomi internasional dapat memperoleh banyak modal dan teknologi yang lebih baik karena adanya kerjasama internasional dapat membantu masunya investasi asing ke dalam negeri, serta disupport dengan teknologi yang modern untuk kelancaran dalam mencapai tujuan kerjasama tersebut


4. Mengapa kerjasama ekonomi internasional dapat memperluas lapangan kerja di dalam negeri?

Jawaban:
karena akan banyak lapangan pekerjaan yang akan dibuka dan itu dapat membantu orang yang belum memiliki pekerjaan atau orang yang sedang membutuhkan pekerjaan.


5. Apa manfaat dari kerjasama ekonomi internasional?

Jawaban:
Manfaat kerja sama ekonomi internasional, di antaranya:
1. Memperkuat dan meningkatkan kerja sama ekonomi, perdagangan, dan investasi di antara para anggota.
2. Meliberalisasi secara progresif dan meningkatkan perdagangan barang dan jasa, serta menciptakan suatu sistem perdagangan yang transparan dan mempermudah investasi.
3. Menggali bidang-bidang kerja sama yang baru dan mengembangkan kebijakan yang tepat dalam rangka kerja sama ekonomi di antara para anggota.
4. Memfasilitasi integrasi ekonomi yang lebih efektif dari para anggota, dan menjembatani kesenjangan pembangunan ekonomi di antara para anggota.


6. Apa itu kerja Sama Ekonomi Bilateral?

Jawaban:
Kerja sama ekonomi bilateral adalah kerja sama ekonomi yang melibatkan dua negara dan bersifat saling membantu. Contoh kerja sama ekonomi antara Indonesia dengan Malaysia, Indonesia dengan Inggris, Indonesia dengan Amerika, dan sebagainya.


7. Jelaskan tentang Kerja Sama Ekonomi Regional!

Jawaban:
Kerja sama ekonomi regional adalah kerja sama ekonomi di antara beberapa negara yang berada di kawasan tertentu. Contoh: ASEAN, UNI EROPA, EFTA, APEC, AFTA, dan sebagainya


8. Uraikan Kerja Sama Ekonomi Multilateral

Jawaban:
Bentuk kerja sama ekonomi ini melibatkan banyak negara dan tidak terikat oleh batas region atau wilayah atau kawasan negara tertentu. Contoh: Kerja sama antara Indonesia, Prancis, Jepang, Korea, Singapura, dan sebagainya


9. Tuliskan pengertian Kerja sama Ekonomi Antarregional

Jawaban:
Kerja sama ekonomi antarregional yaitu kerja sama ekonomi di antara dua kelompok kerja sama ekonomi regional. Contoh: Kerja sama antara Uni Eropa dengan ASEAN.