Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Soal Materi Hukum Bisnis + Kunci Jawaban

Soal (Uraian) Hukum Bisnis

1. Hukum apa yang digunakan dalam proses perdagangan internasional?

Jawaban:
Public international trade law adalah hukum yang mengatur perilaku dagang antar negara.


2. Apakah Tujuan Hukum Perdagangan Internasional? 

Jawaban:
Perlindungan kegaiatn perdagangan yang menjadi satu-satunya cara membangun ekonomi suatu negara, Mencapai perdagangan internasional yang stabil, Menghindari kebijakan dan praktik perdagangan nasional yang merugikan negara lainnya.


3. Siapa saja yang menjadi subjek hukum perdagangan internasional?

Jawaban:
Subjek—subjek hukum ini merupakan para pelaku yang mampu mempertahankan hak dan kewajibannya di depan peradilan serta pelaku yang mampu dan berwenang merumuskan aturan hukum di bidang perdagangan internasional. Subjek- subjek hukum tersebut di antaranya adalah negara, organisasi perdagangan internasional, dan individu.


4. Mengapa hukum bisnis dibuat?

Jawaban:
Hukum bisnis dibuat untuk mengatur dan melindungi bisnis dari berbagai risiko yang mungkin terjadi di kemudian hari. Berikutini adalah beberapa tujuan dari hukum bisnis ; Menjamin berfungsinya keamanan mekanisme pasar secara efisien dan lancar.


5. Mengapa pelaku bisnis perlu mempelajari aspek hukum dalam bisnis?

Jawaban:
1. Untuk pelaku bisnis agar memahami suatu hak-hak dan kewajibannya dalam suatu kegiatan bisnis.
2. Agar untuk terwujud suatu watak dan prilaku kegiatan dibidang bisnis atau kegiatan usaha yangadil, jujur, wajar, sehat dan dinamis (yang dijamin suatu hukum bisnis).


6. Apa fungsi dari hukum bisnis?

Jawaban:
Di bawah ini beberapa fungsi hukum bisnis:
1. Menjadi sumber informasi yang bermanfaat  bagi pelaku bisnis.
2. Pelaku bisnis dapat lebih mengetahui hak dan kewajbannya saat mambangun bisnis, sehingga bisnisnya tidak menyimpang dari aturan yang ada dan telah tertulis dalam Undang-Undang.
3. Pelaku bisnis lebih memahami suatu hak-hak dan kewajibannya dalam suatu kegiatan bisnis
4. Terwujudnya sikap dan perilaku bisnis atau kegiatan bisnis yang adil, jujur, wajar, sehat, dinamis, dan berkeadilan karena telah memiliki kepastian hukum.


7. Apa perbedaan antara hukum bisnis dan hukum ekonomi?

Jawaban: 
Hukum bisnis adalah seperangkat peraturan yg mengatur hubungan usaha antar individu, individu dgn kelompok, maupun antar kelompok. Sedangkan hukum ekonomi mengatur seluruh aspek ekonomi baik makro maupun mikro.