Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

12 Soal Materi Evaluasi Proyek + Kunci Jawaban

Soal (Uraian) Evaluasi Proyek

1. Apa beda b C dan R C?

Jawaban:
B/C ratio kepanjangannya adalah Benefit Cost Ratio sedangkan R/C Ratio kepanjangannya Revenue Cost Ratio. Pengertian B/C ratio adalah jumlah rasio yang terdapat antara manfaat bersih yang bernilai positif dengan manfaat bersih yang bernilai negatif di dalam sebuah proyek.


2. Apa tindakan yang dilakukan pemerintah jika suatu proyek tertentu dinilai memiliki profitabilitas komersial relatif tinggi dibandingkan profitabilitas ekonomi nasionalnya?

Jawaban:
Kebijakan apa yang sebaiknya di ambil pemerintah jika suatu jenis proyek memiliki nilai profitabilitas komersial relatif jauh lebih tinggi dinbandingkan dengan profitabilitas ekonomi nasionalnya adalah dengan cara pemerintah mengambil kebijakan melarang impor bagi barang-barang tertentu, meningkatkan bea barang-barang


3. Mengapa Sponsor Proyek berkepentingan mengadakan dan penilaian aspek yuridis? 

Jawaban:
Karena untuk memastikan jika proyek yang dilaksanakan tidak melanggar hukum dan prosedur dalam memberikan sponsor juga sesuai dengan ketentuan hukum, terlebih lagi jika sponsor proyek berasal dari luar negeri


4. Apa tujuan dari feasibility study?

Jawaban:
Feasibility study adalah metode yang dapat digunakan untuk menilai faktor ekonomi proyek. Dengan demikian, kelayakan finansial proyek dapat ditentukan. Kelayakan ekonomi umumnya menggunakan analisis biaya-manfaat (cost benefit analysis) untuk membandingkan biaya keuangan dengan manfaat yang diproyeksikan.


5. Bagaimana jika NPV negatif?

Jawaban:
Net Present Value yang positf menandakan bahwa proyeksi pendapatan yang dihasilkan oleh sebuah proyek atau investasi melebihi dari proyeksi biaya yang dikeluarkan. Pada umumnya nilai NPV yang positif akan menjadi menguntungkan dan proyek yang memiliki NPV negatif akan menghasilkan kerugian.


6. Berapa nilai NPV yang layak?

Jawaban:
NPV > 0. Investasi layak dijalankan dan ditaksir akan mendatangkan keuntungan. Proyek ini direkomendasikan untuk dimulai atau dilanjutkan.


7. Feasibility study meliputi apa saja?

Jawaban:
Feasibility study adalah sebuah studi yang digunakan untuk melakukan penilaian terhadap kelayakan atau faktor-faktor yang mempengaruhi sebuah proyek sebelum berjalan. Ini bisa dikatakan sebagai action plan. Faktor-faktor yang dimaksud, meliputi faktor ekonomi, teknis, hukum, dan juga waktu yang dibutuhkan.


8. Apa itu (pre-project evaluation)!

Jawaban:
Evaluasi pada saran proyek yang hendak dibangun 


9. Apa itu (on-construction proyekevaluation)!

Jawaban:
Evaluasi pada proyek yang dibuat 


10. Apa itu (on-going proyekevaluation)!

Jawaban:
Evaluasi pada proyek yang sudah dioperasionalisasikan 


11. Apa itu (post-project evalution studi)!

Jawaban:
Evaluasi pada proyek yang sudah usai 


12. Sebelum dilaksanakan satu evaluasi proyek, perlu memperhatikan hal-hal berikut:

Jawaban:
1. Ruangan Cakupan Aktivitas Proyek, yaitu pada sektor-sektor apa proyekakan bekerja (mission pernyataan of business).
2. Langkah aktivitas proyek dilaksanakan, yaitu apa proyek akan diatasi sendiri,atau diatasi oleh (beberapa) faksi lain.
3. Evaluasi pada aspek yang tentukan kesuksesan seluruhproyek, yaitu mengenali beberapa faktor kunci sukses proyek.
4. Fasilitas yang dibutuhkan oleh proyek, tersangkut tidak cuma keperluan seperti: material, tenaga kerja, dan lain-lain, tapi juga sarana-fasilitaspendukung seperti jalan raya, transportasi, dan lain-lain.
5. Hasil aktivitas proyek itu dan beberapa biaya yang perlu dijamin untuk memperoleh hasil itu.
6. Akibat-akibat yang berguna atau yang tidak dari ada proyektersebut.
7. Beberapa langkah gagasan untuk membangun proyek, dan agenda masing-masing aktivitas itu.