Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

11 Soal Materi Ekonomi Regional + Kunci Jawaban

Soal (Uraian) Ekonomi Regional

1. Bagaimana dampak negatif yang dirasakan bangsa Indonesia dengan adanya organisasi ekonomi regional dan global?

Jawaban: 
Berikut ini dampak negatif dari organisasi regional dan global bagi Indonesia: Memunculkan sifat konsumersime masyarakat indonesia. Terancamnya Eksistensi usaha dalam negeri karena kalah bersaing perusahaan skala internasional.


2. Apa pengaruh organisasi regional?

Jawaban:
Salah satu dari dampak positif dari organisasi regional dan global adalah mampu meningkatkan perekonomian negara, saling memberikan pertolongan saat menghadapi permasalahan, dan menghindari terjadinya konflik antarnegara.


3. Apa tujuan di bentuknya organisasi kerja sama regional di bidang ekonomi?

Jawaban:
Adapun tujuan kerja sama ekonomi regional adalah untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi, pertumbuhan ekonomi serta peningkatan struktur kegiatan ekonomi suatu negara. Negara-negara tersebut akan tergabung dalam organisasi ekonomi regional.


4. Bagaimana pengaruh pusat pertumbuhan wilayah terhadap perkembangan ekonomi?

Jawaban:
Pada suatu wilayah pusat pertumbuhan, berbagai aktivitas ekonomi mengalami perkembangan yang pesat. Hal ini tentu akan memberikan pengaruh terhadap berbagai bidang kehidupan. Pengaruh dalam bidang ekonomi di antaranya adalah teciptanya peluang bisnis baru di berbagai sektor dan meningkatnya gerakan arus barang.


5. Bagaimana suatu wilayah dapat berkembang menjadi pusat pertumbuhan?

Jawaban:
Lokasi yang strategis Ketersediaan sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan oleh manusia Adanya sumber daya manusia yang berkualitas Kondisi topografi wilayah Tersedianya fasilitas penunjang Adanya aktivitas industri Kondisi sosial budaya masyarakat setempat.


6. Mengapa tidak semua daerah bisa menjadi pusat pertumbuhan?

Jawaban: 
Karena pusat pertumbuhan berkembang sesuai karakteristik wilayah masing-masing. Jadi pertumbuhan di setiap daerah berbeda-beda faktornya. Setiap daerah pastinya punya sumber daya alam yang khas


7. Apa faktor yang menjadi perhatian utama dalam teori pertumbuhan ekonomi regional?

Jawaban: 
Teori pertumbuhan ekonomi regional lebih dipusatkan pada pengaruh perbedaan karakteristik space terhadap pertumbuhan ekonomi, faktor yang menjadi perhatian utama dalam teori pertumbuhan regional adalah keuntungan lokasi, aglomerasi migrasi dan arus lalu lintas modal antar wilayah.


8. Mengapa kerja sama multilateral regional dapat memberi keuntungan bagi Indonesia?

Jawaban: 
Manfaat lain dari kerjasama multilateral adalah meningkatkan kesejahteraan ekonomi. Dengan melakukan kerjasama multilateral, maka kita bisa lebih mudah mendapatkan barang- barang yang tidak diproduksi di dalam negeri untuk kemudian dikonsumsi di dalam negeri.


9. Faktor apa saja yang menyebabkan suatu wilayah dengan pesat?

Jawaban: 
Terdapat tujuh faktor yang menunjang pertumbuhan suatu wilayah, yakni:
1. Sumber Daya Alam (SDA)
2. Sumber Daya Manusia (SDM)
3. Lokasi
4. Fasilitas penunjang
5. Sosial budaya
6. Topografi
7. Industri.


10. Apa pengaruh yang ditimbulkan dari perkembangan pusat pertumbuhan terhadap sosial budaya masyarakat?

Jawaban: 
Adapun pengaruh pusat pertumbuhan terhadap kondisi sosial budaya masyarakat adalah sebagai berikut: Arus informasi antardaerah semakin meningkat. Terjadi percampuran budaya (akulturasi budaya) antara penduduk asli dan pendatang. Status sosial rmengalami peningkatan seiring meningkatnya kesejahteraan masyarakat.


11. Apa peranan ilmu ekonomi regional dalam menghasilkan kebijakan pembangunan yang berkualitas?

Jawaban:
Beberapa peran dalam ilmu Ekonomi Regional adalah sebagai penentu kebijakan terkait dengan ekonomi daerah seperti penentuan sektor lokal yang strategis dan berdaya saing, analisis potensi ekonomi, ketersediaan fasilitas daerah, serta kepadatan penduduk daerah.