Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

14 Soal Materi Ekonomi Pertanian + Kunci Jawaban

Latihan Soal (Essay) Bab Ekonomi Pertanian


1. Apa yang dimaksud dengan swasembada pangan?

Jawaban: 
Swasembada pangan adalah kondisi di mana suatu negara mampu memproduksi cukup pangan untuk memenuhi kebutuhan penduduknya.


2. Bagaimana dampak kebijakan impor pangan terhadap petani lokal?

Jawaban: 
Kebijakan impor pangan dapat mengancam kedaulatan pangan negara dan mengurangi daya saing petani lokal akibat persaingan harga dengan produk impor.


3. Apa perbedaan antara pertanian organik dan konvensional?

Jawaban: 
Pertanian organik menggunakan metode tanpa pestisida dan pupuk kimia, sementara pertanian konvensional menggunakan pestisida dan pupuk kimia.


4. Mengapa diversifikasi tanaman penting dalam pertanian?

Jawaban: 
Diversifikasi tanaman dapat mengurangi risiko kegagalan panen akibat faktor-faktor tertentu seperti cuaca buruk atau serangan hama dan penyakit.


5. Apa peran teknologi dalam pengembangan pertanian di Indonesia?

Jawaban: 
Teknologi dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi pertanian melalui penggunaan alat dan metode baru seperti irigasi tetes dan varietas tanaman unggul.


6. Bagaimana pengaruh perubahan iklim terhadap pertanian di Indonesia?

Jawaban: 
Perubahan iklim dapat menyebabkan pola curah hujan yang tidak stabil dan peningkatan suhu yang dapat mengganggu produksi tanaman tertentu.


7. Apa yang dimaksud dengan agribisnis?

Jawaban: 
Agribisnis adalah integrasi antara kegiatan pertanian dengan kegiatan bisnis dalam rantai pasokan dari produksi hingga konsumsi.


8. Sebutkan contoh kebijakan pemerintah untuk mendukung pertanian di Indonesia.

Jawaban: 
Contoh kebijakan tersebut antara lain adalah program bantuan benih dan pupuk subsidi untuk petani, serta program pengembangan infrastruktur pertanian.


9. Bagaimana cara meningkatkan daya saing produk pertanian Indonesia di pasar global?

Jawaban: 
Cara meningkatkan daya saing tersebut antara lain adalah dengan meningkatkan kualitas produk, memperbaiki infrastruktur logistik, dan memperluas pasar ekspor.


10. Jelaskan konsep pertanian berkelanjutan.

Jawaban: 
Pertanian berkelanjutan adalah praktik pertanian yang memperhatikan keberlanjutan lingkungan, ekonomi, dan sosial dalam jangka panjang.


11. Apa peran koperasi dalam pembangunan pertanian di Indonesia?

Jawaban: 
Koperasi dapat memperkuat posisi tawar petani, meningkatkan akses terhadap modal dan pasar, serta memfasilitasi pertukaran pengetahuan dan teknologi.


12. Mengapa penting untuk memperhatikan kesejahteraan petani dalam pengembangan pertanian?

Jawaban: 
Kesejahteraan petani yang baik akan mendorong motivasi untuk meningkatkan produktivitas pertanian, yang pada akhirnya akan berdampak positif bagi perekonomian nasional.


13. Jelaskan dampak penggunaan pestisida berlebihan dalam pertanian.

Jawaban: 
Penggunaan pestisida berlebihan dapat mencemari lingkungan, merusak ekosistem, dan menyebabkan resistensi hama terhadap pestisida.


14. Apa yang dimaksud dengan mekanisasi pertanian?

Jawaban: 
Mekanisasi pertanian adalah penggunaan mesin dan teknologi dalam proses produksi pertanian untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas.